Rabu, 25 Mei 2016

Biografi Bill Russell


Bill Russell lahir di Monroe, Louisiana, pada tahun 1934. Russell memimpin University of San Francisco ke berturut-turut gelar NCAA sebelum memulai karir pro dengan Boston Celtics pada tahun 1956. Selama karir 13 tahunnya, Russell mengarahkan klub untuk 11 judul. Dia pensiun pada tahun 1969 dan dilantik ke dalam Naismith Memorial Basketball Hall of Fame enam tahun kemudian.

Tahun-tahun awal

Dianggap salah satu pemain basket terbesar dalam sejarah NBA, William Felton Russell lahir 12 Februari 1934, di Monroe, Louisiana. masa kecilnya dibentuk oleh kesehatan yang buruk, sebagai sakit-sakitan Russell berjuang beberapa penyakit yang berbeda.

Ketika Russell adalah 10, ayahnya, Charlie, muak dengan mencoba untuk menavigasi bermuatan rasial Selatan, keluarganya pindah di seluruh negeri untuk Oakland, California, di mana ia menemukan pekerjaan di galangan kapal.

Di California, hidup untuk keluarga Russell terbukti berbatu. Sementara Charlie menemukan pekerjaan yang baik, pada tahun 1946 istrinya, Katie, menjadi cukup sakit dengan flu dan meninggal. Russell terpukul oleh kematian ibunya, yang sudah advokat yang terbesar dan mendorongnya untuk bekerja keras di sekolah. Dalam bangun dari kematiannya dia berkomitmen dirinya untuk studinya.

Di luar kelas, Russell mulai bermain basket. Bakatnya tidak segera bersinar. Atletis canggung pada awalnya, Russell berjuang untuk menemukan waktu bermain di tim di Sekolah Tinggi McClymonds di Oakland. Tapi tahun seniornya, permainannya telah mengambil cukup baginya untuk mendapatkan tempat awal.

Nya 6'9 "frame diterima perhatian, namun. Dan pada musim gugur tahun 1952, ia mencoba keluar sebagai berjalan-on di University of San Francisco dan memperoleh beasiswa.

Itu tidak lama sebelum membela diri mahir Russell terbukti kehadiran mendominasi, dengan sentuhan pencetak gol dan kemampuan luar biasa untuk rebound. Selama tiga tahun karir universitas nya, di mana ia memimpin tim untuk gelar NCAA berturut-turut pada tahun 1955 dan 1956, ia rata-rata 20,7 poin per game dan 20,3 rebound.

Russell karir amatir dengan memimpin tim basket putra AS meraih medali emas di Olimpiade Melbourne 1956.Pro Karir

Pada tahun yang sama, dalam draf NBA, Boston Celtics mengatur kesepakatan dengan St. Louis Hawks dan diperdagangkan untuk hak rancangan ke pusat muda. Pelatih tim, Red Auerbach, didambakan Russell sebagai bagian yang hilang untuk apa yang dia yakini bisa menjadi daftar juara.

Dengan Russell penahan tengah lantai, Celtics selesai dengan rekor terbaik di liga pada tahun 1957, dan kemudian memenangkan gelar atas Hawks dalam serangkaian tujuh pertandingan tegang. Ini adalah awal dari kejuaraan belum pernah terjadi sebelumnya kabur Russell dan Celtics. Lebih dari 12 tahun, tim bermain di 11 final NBA, memenangkan 10 dari mereka.

Bahkan terhadap lebih pusat mengesankan secara fisik, seperti Wilt Chamberlain, Russell adalah kekuatan pertahanan dan rebound. Lima kali ia dinobatkan sebagai NBA Most Valuable Player, dan 21.620 rebound-nya yang kedua hanya untuk menandai karir Chamberlain. Dia kemungkinan besar akan memimpin liga dalam tembakan blok, tapi NBA belum mulai melacak statistik.

Berikut 1966 musim, di mana Russell memimpin Celtics untuk gelar kedelapan berturut-turut, Auerbach pensiun dari pembinaan. Daripada bermain untuk orang lain, Russell mengambil alih sebagai pemain-pelatih, kemudi tim untuk dua gelar pada tahun 1968 dan 1969.

Setelah musim 1969, Russell pensiun dari permainan. Selama beberapa dekade berikutnya ia secara berkala kembali ke permainan sebagai pelatih atau sebagai eksekutif, namun timnya gagal menang dengan jenis keteraturan dia sebagai pemain. Dia lalu memimpin Sacramento Kings sebagai presiden operasi bola basket di akhir 1980-an.

Russell dilantik ke dalam Naismith Memorial Basketball Hall of Fame pada tahun 1975.

Kehidupan pribadi

Bahkan saat ia memenangkan di pengadilan, Russell, seorang pendukung vokal dari gerakan hak-hak sipil, mengalami perjuangannya dari itu. Dia tidak pernah dianut oleh penggemar Boston dengan cara rekan putih yang. Di jalan itu tidak biasa bagi dia untuk memiliki tidur di sebuah hotel yang berbeda dari satu sisa klub yang digunakan.

Russell telah menikah tiga kali. Dengan istri pertamanya, Rose, kepada siapa ia menikah selama 17 tahun, ia memiliki tiga anak: seorang anak perempuan, Karen, dan dua putra, Buddha dan Jacob.

Pada tahun 2010 Russell menerima Presidential Medal of Freedom, kehormatan sipil tertinggi negara itu, dari Presiden Obama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar